Definisi Dan Apa Itu Pengertian Investasi

Business

Bagi masyarakat modern, Apa itu investasi tentu tidak asing lagi. Bisa jadi setiap hari kita menemui kata tersebut di berita, televisi, maupun internet. Banyak bisnis investasi yang dapat dilakukan dalam jangka pendek maupun jangka panjang, tentu semuanya bertujuan untuk mendapatkan nilai tambah atau keuntungan di kemudian hari. Misalnya ketika seseorang menyimpan uangnya di bank dengan harapan mendapatkan bunga dari simpanannya, secara umum tindakan itu merupakan contoh dari pengertian investasi. Melihat banyaknya investasi yang akhir-akhir ini ramai di internet, sering kali ada banyak kasus terjadinya scam dan hilangnya modal nasabah atau investor. Dari segi keamanannya, beberapa model investasi yang dikenal saat ini memang memiliki risiko lebih tinggi dibanding dengan deposito ke bank. Hal ini wajar terjadi, karena mengikuti prinsip “high risk, high return”, maka semakin tinggi potensi profitnya, semakin besar pula risiko yang harus siap ditanggung.

Di masa sekarang, Investasi pada ┬ámata Uang ┬ámulai banyak dilirik karena fleksibilitas dan potensi keuntungannya yang cukup menarik. Kebanyakan orang yang baru memahami pengertian investasi, berpikir bahwa mereka harus memiliki dana yang besar. Pengertian investasi ini tentu saja tidak benar. Saat Anda menginvestasikan modal untuk reksadana atau saham, Anda tidak perlu secara langsung menjadi pemilik perusahaan tersebut. Ada manajer investasi di perusahaan-perusahaan tersebut yang bertugas untuk menghitung berapa besar saham perusahaan yang dijual di pasar, sehingga para penanam modal – selanjutnya disebut investor- bisa membeli saham tersebut sesuai dengan budget yang dimiliki. Keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan kemudian akan dibagikan secara proporsional kepada para investor. Keistimewaannya lagi, jika menjadi seorang investor, Anda tidak perlu repot untuk membeli lapak (tempat dagang), tidak perlu repot mengantar barang, mencari konsumen, promosi, dan sebagainya. Intinya, Anda tidak akan dilibatkan dalam aktivitas produksi. Yang perlu dilakukan adalah memantau perkembangan pasar modal untuk melihat apakah perusahaan atau mata uang yang Anda pilih menunjukkan performa menjanjikan. Jika hasil yang bagus tersebut bisa konsisten, profit dari investasi bisa menjadi sumber dana tambahan di samping pekerjaan tetap Anda.

Investasi Bisa Dilakukan Siapa Saja & Kapan Saja

Memulai investasi tak perlu jenjang pendidikan tertentu, tak mempersyaratkan pula usia tertentu. Anda juga tak harus berada di negara atau lokasi tetentu untuk menjadi seorang investor. Anda hanya perlu berbekal modal dan pengetahuan mendalam tentang investasi, untuk bisa memulainya dengan modal kecil terlebih dulu. Semakin tidak konvensional metode investasinya, maka semakin terbuka pula sistemnya dengan berbagai macam tipe investor. Forex contohnya, bisa dilakukan siapapun dengan mudah.

Setelah memahami apa itu definisi dan pengertian investasi di atas, maka sudah sewajarnya kita menghapus mindset ‘investasi hanya untuk orang kaya’. Sebaliknya, jika Anda ingin kaya, maka mulailah berinvestasi dan kurangi gaya hidup yang tidak bermanfaat.